konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Solo Lestarikan Bangunan Tempo Doeloe

VIVAnews - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah akan merenovasi bangunan-bangunan kuno, diantaranya Kampung Batik Kauman di Pasar Kliwon, Solo.

"Bangunan-bangunan tersebut akan direnovasi dalam kerangka mewujudkan 'Solo Masa Depan adalah Solo Tempo Dulu'," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota Solo, Agus Djoko Witiarso dalam keterangan persnya, Rabu 1 April 2009.

Pengerjaan fisik proyek renovasi akan dimulai pada Agustus 2009. "Pemerintah Kota Solo telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,06 miliar dari APBD 2009," tambah Agus. Selain untuk konservasi bangunan-bangunan tua, pemerintah juga akan membenahi infrastruktur di kawasan lama Solo.

Sebelum proyek berjalan, kata Agus, pemerintah melalui Dinas Tata Ruang Kota akan melakukan sosialisasi. Sebab, proses konservasi bangunan lama tak mungkin sukses tanpa partisipasi dari pemilik bangunan dan masyarakat setempat.

Dalam sosialisasi  juga akan dibicarakan rencana menjadikan daerah Kauman sebagai Kampung Santri. Sebab, berdasarkan sejarahnya, selain sebagai tempat pengembangan batik, Kauman juga merupakan kampungnya para santri.

Sumber:  http://nasional.vivanews.com/news/read/45519-solo_lestarikan_bangunan__i_tempo_doeloe__i_

No comments:

Post a Comment