konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Puluhan Batik Klasik dan Kontemporer Dipamerkan


Jodhi Yudono | Jumat, 17 Oktober 2008 | 01:34 WIB
 
Beragam Jenis Batik Lasem koleksi Santoso, pemilik usaha "Pusaka Beruang" di Lasem, Jawa Tengah.
SURABAYA, JUMAT--Sebanyak 30-an batik klasik dan 20-an batik kontemporer dipamerkan dalam "enCHANTING BATIK" di Ruang Pamer Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UKP) Surabaya pada 17 Oktober hingga 21 November 2008.
"Pameran dan lomba tentang batik yang digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda itu bertujuan agar generasi muda makin mengenal dan menghargai batik sebagai warisan budaya bangsa," kata Kepala Perpustakaan UKP Aditya Nugraha di Surabaya, Kamis.
Menurut dia, batik identik dengan bangsa dan budaya Indonesia yang sudah bertahun-tahun batik menjadi ikon kecantikan fashion Indonesia.
"Batik juga dinamis, tak lekang oleh zaman. Di abad millenium seperti saat ini pun, batik kembali mewarnai lifesyle dan trend mode Indonesia. Tidak saja para orang tua, muda-mudi pun sekarang gandrung dengan batik," katanya.
Untuk menelusuri batik dari dulu sampai saat ini, katanya, pameran dan lomba batik juga diwarnai sarasehan yang digelar Desain Interior bersama dengan Perpustakaan UK Petra dan Museum Batik Dahar Hadi-Solo pada 17 Oktober. "Acara sarasehan itu mengawali pameran batik yang dibuka Rektor UKP Ir Paulus Nugraha M.Sc M.Eng di Perpustakaan UKP pada Jumat (17/10) pukul 10.30 WIB," katanya.
Acara itu juga mengajak anak-anak muda sebagai "next generation" untuk  menghargai aset bangsa melalui lomba menggambar batik yang digelar pada 14 November mendatang. "Ada juga demo membatik dengan memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat secara langsung proses membatik. Demo membatik dilaksanakan pada 24 dan 31 Oktober serta 7 dan 14 November di Ruang Pamer Perpustakaan UKP," katanya.
Selain itu, pengunjung pun diberi kesempatan mencoba sendiri untuk membatik dengan canting pada 17 Oktober. "Pengunjung akan dipandu beberapa mahasiswa Jurusan Desain Interior UKP Surabaya," kayanya.
Apalagi, katanya, pameran juga akan menampilkan karya-karya batik yang dihasilkan masyarakat stren kali binaan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan Jurusan Desain Interior UKP.
Selanjutnya, lomba Melukis Pola Batik untuk para siswa Sekolah Dasar (SD) se-Surabaya (14/11) akan mewarnai penutupan dan acara pengumuman pemenang lomba pada pukul 09.00 WIB - 12.00 WIB. "Siswa-siswi SD di wilayah Siwalankerto juga diberi kesempatan berkunjung ke ruang pameran pada 7 November pukul 11.00 WIB," katanya.(ANT)

sumber:  http://nasional.kompas.com/read/2008/10/17/01343833/puluhan.batik.klasik.dan.kontemporer.dipamerkan

No comments:

Post a Comment