konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Sentra Batik Tulis di Giriloyo, Yogya

Ingin belanja batik sambil belajar membatik tulis secara langsung? Semua itu bisa Anda dapatkan di Sentra Batik Giriloyo, Yogyakarta.

Sentra Batik Giriloyo merupakan sentra kerajinan dan produksi batik tulis yang ada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dari situs batikgiriloyo.com, Senin (19/3/2012), Balai Besar Kerajinan Batik Giriloyo berada di Jl Kusuma Negara 7, Yogyakarta.

Di kawasan sentra batik ini, ada seitar 800 pembatik yang terbagi ke dalam beberapa kelompok dan seluruhnya terhimpun dalam organisasi Paguyuban Batik Tulis Giriloyo. Jika datang ke sentra batik tulis ini, pengunjung dapat mengetahui dan memelajari seluk beluk pembuatan batik tulis.
Aktivitas membatik ini sendiri, telah berlangsung sejak berdirinya Kompleks Makam Raja-raja Mataram Imogiri pada tahun 1954. Kemudian, para abdi dalem yang memelihara makam, mengajarkan rakyat sekitar dengan keterampilan membatik.

Setiap daerah tentu memiliki kekhasan batiknya masing-masing, begitu pula dengan batik tulis Giriloyo. Batik tulis Giriloyo memiliki ciri khas di model, motif dantentu saja pewarnaan. Biasanya, motif batik yang digunakan mengandung makna tersendiri.

Beberapa motif batik Giriloyo yang terkenal adalah sido asih yang mengandung makna, si pemakai bila sudah berumah tangga selalu penuh kasih sayang. Selain sido asih, ada pula sido mukti, sido mulyo, dan sido luhur. Nah, untuk Anda yang baru saja menikah dan merindukan kehadiran momongan, bisa menggunakan batik dengan motif semen gendhang.

Untuk pewarnaan, batik Giriloyo menawarkan dua tipe pewarnaan, yakni alami dan sintesis. Pewarnaan alami yang digunakan berasal dari daun, gambir, teh, kulit mahoni dan buah. Sedangkan, pewarnaan sintesis tentu menggunakan bahan-bahan kimia.

Batik yang dihasilkan sentra batik Giriloyo bisa dikatakan spesial, karena hampir seluruhnya merupakan batik tulis. Batik tulis asli ini membutuhkan waktu pembuatan sekitar 1,5 bulan. Meskipun lama, Anda akan melihat hasil batik yang menakjubkan.

Nah, untuk pengunjung yang datang dengan rombongan, sentra batik di Giriloyo menyediakan paket wisata batik. Apa sih paket wisata batik? Ini adalah paket yang disediakan Giriloyo untuk berkeliling sentra batik, dan praktik membatik secara langsung. Sayangnya, paket wisata ini bisa berjalan dengan peserta minimal 5 orang.

Puas belajar batik, kini saatnya berbelanja. Di Giriloyo, ada banyak toko yang menjual batik dengan berbagai motif dan model. Mulai dari kaos, kemeja hingga aksesoris ada di sentra batik ini. Tak hanya pakaian, Sentra Batik Tulis Giriloyo juga menjual sarung tangan, taplak meja, sarung bantal dan lukisan batik tulis. Keren! Soal harga cukup bervariasi, semua tergantung model dan jenis bahan yang digunakan. Tertarik?

Sumber:  http://travel.detik.com/read/2012/03/19/100424/1870610/1025/sentra-batik-tulis-ada-di-giriloyo-yogya

No comments:

Post a Comment