konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Liburan, Batik Solo Untung Tiga Kali Lipat

VIVAnews - Musim liburan menjadi berkah bagi pengrajin dan pengusaha batik di Solo. Pasalnya, batik Solo menjadi incaran oleh-oleh para wisatawan yang tengah mengisi liburan panjang di Kota Bengawan ini. Walhasil, omset penjualan batik pun meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Salah seorang pemilik toko batik Putra Laweyan di Kampoeng Batik Laweyan Solo, Gunawan Nizar mengakui selama musim liburan ini banyak sekali para pengunjung maupun wisatawan yang membeli batik di tokonya.

"Sekarang ini yang membeli sebagian besar adalah pengunjung dari luar kota. Tetapi, kalau Minggu lalu ketika ada konferensi tingkat menteri perumahan se Asia Pasifik adalah para rombongan delegasi," kata dia kepada VIVAnews di Solo, Minggu, 04 Juli 2010.

Para pengunjung yang membeli batik disebutkan dia berasal dari Jakarta, Bandung dan kota lainnya. Mereka merupakan rombongan keluarga yang sedang berwisata ke Solo.

"Ya, selain bermain ke Solo. Mereka juga membeli batik, sebagian besar sih pakain batik. Maka tidak heran, jika lonjakan omset penjualan batik mencapai tiga kali lipat," tuturnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Gunawan Setiawan. Menurutnya, kenaikan omzet penjualan maupun pengunjung sangat terlihat selama musim liburan ini.

"Mereka tak hanya belanja batik, tapi juga belajar membatik. Dan setiap hari yang belajar membatik pasti ada, minimal satu rombongan," terang dia.

Lonjakan penjualan batik tidak hanya terjadi di kawasan kampung-kampung batik yang ada di Solo. Namun, juga terlihat merata di pusat-pusat perbelanjaan dan pasar tradisional.

"Di Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo (PGS), penjualan batik juga meningkat. Ini berdasarkan informasi dari teman-teman pedagang batik. Selain itu, di stan-stan pameran batik juga terlihat ramai," papar pemilik toko batik Gunawan Setiawan ini.

Selanjutnya dia mengatakan kalau saat ini batik telah menjadi oleh-oleh khas Solo maka tidak heran jika pengunjung maupun wisatawan jika berkunjung ke Solo dipastikan akan memburu batik Solo.
"Banyak sekali pengunjung dari Jakarta, Bandung, Surabaya dan bahkan Yogyakarta yang memborong batik Solo," akunya. (hs)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Sumber:  http://nasional.vivanews.com/news/read/162174-liburan--batik-solo-untung-tiga-kali-lipat

No comments:

Post a Comment