konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Batik Gradasi Warna Jadi Tren Jelang Ramadhan

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Tren pakaian batik dengan desain warna gradasi, telah disiapkan perajin batik dan produk batik di Pekalongan. Mereka mulai menambah stok produksi sampai 10 persen, guna kesiapan perajin menjelang bulan puasa Ramadhan dan hari raya Lebaran 2009.
Perajin produk batik yang membuka kios di Pasar Grosir Batik Setono, Pekalongan, Nurhayati, Minggu (2/8) mengemukakan, perajin optimis mereka akan memetik keuntungan seiring puasa Ramadhan dan hari raya Lebaran, September mendatang.
"Kalau hari biasanya kami produksi 10 kodi per hari, kebanyakan menghadapi hari besar itu produksi ditambah. Penambahan produksi untuk antisipasi permintaan pasar, baik di grosir maupun pesanan dari rekanan pedagang luar kota," kata Nurhayati.
Pengelola Pasar Grosir Batik Setono, Baehaqi mengutarakan, Setono sejak 2002 telah menjadi pasar grosir batik besar di pantura Jawa. Sebagai pusat perdagangan perajin batik, omzet rata-rata pedagang yang membuka usaha di grosir ini antara Rp 250.000 hingga Rp 400.000 per hari. Saat ini sudah ada 280 kios untuk perdagangan batik dan produk batik, juga produk dari perajin alat tenun bukan mesin (ATBM).
Wakil Sekretaris Ikatan Pedagang Pasar Setono Pekalongan, Chofif Yahya mengatakan, pada hari raya besar umat muslim itu diharapkan bisa mendongkrak penjualan produk batik sampai 35 persen. Perajin batik di Pekalongan siap membanjiri pasar-pasar potensial di kota-kota besar dan kecil di Indonesia.

Sumber:  http://nasional.kompas.com/read/2009/08/02/16583886/function.simplexml-load-file

No comments:

Post a Comment