konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Belanja Batik Saat Mudik Lebaran

BEBERAPA pekan menjelang Lebaran, Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC) di Kota Solo, Jawa Tengah, yang umumnya menjual batik diserbu masyakarat. Dari pagi hingga petang, ratusan bahkan ribuan pengunjung memadati pusat perbelanjaan di Kota Solo ini. Pakaian batik dalam berbagai pilihan dan harga menjadi sasaran masyarakat.
Dari pengamatan Kompas, hingga Senin (29/9) pengunjung yang menggunakan mobil maupun sepeda yang memasuki PGS dan BTC lebih banyak dibanding hari biasa. Bahkan tempat parkir PGS pun sampai di lantai paling atas terpakai. Sebuah lahan kosong di seberang PGS digunakan sebagai tempat parkir.
Menurut Manager Operasional PGS Bonifatius Cahyo, dibanding tahun sebelumnya, pengunjung PGS tahun 2008 mulai meningkat pada H-21. Tahun sebelumnya, pengunjung sudah mulai memadati PGS pada awal puasa.  “Puncaknya kunjungan diperkirakan terjadi pada di H-1 dan H+1,” paparnya.
Beberapa penjual batik di PGS dan BTC yang ditemui, Senin (29/9) petang, mengakui, dalam minggu terakhir ini pengunjung yang datang berbelanja meningkat tajam. Walau pembelian dalam bentuk eceran, tetapi jumlah pembeli yang datang barang yang dibeli cukup banyak.
“Selama beberapa hari ini, banyak dari luar kota yang mampir belanja ke sini. Umumnya belanja untuk persiapan Lebaran,” ujar salah seorang penjual batik di PGS.
Pasokan batik pun tiap hari terus mengalir, terutama ke PGS. Tidak hanya batik produksi Solo saja yang memenuhi PGS. Batik-batik dari Pekalongan juga banyak dijual di tempat ini. Bahkan batik Pekalongan banyak dibeli orang, karena motif dan warnanya yang lebih berani.
Banyaknya pengunjung yang datang mencari batik, membuat penjual batik di BTC rela membuka kiosnya hingga pukul 21.00 malam. Berjualan hingga malam hari ini dilakukan sejak pekan lalu. Umumnya penjual batik memajang dagangannya di depan pintu gerbang BTC.
“Teman-teman mulai jualan malam sejak minggu lalu, tetapi saya sejak awal Oktober sudah berjualan sampai jam 21.00. Banyak yang datang, apalagi kalau malam minggu,” ujar Naya, pemilik Toko Murah Batik Ayu yang berjualan di BTC.

Sumber:  http://nasional.kompas.com/read/2008/09/29/21260825/belanjalah.batik.saat.mudik.lebaran

No comments:

Post a Comment