konten 1
konten 2
konten 3

Tuesday 12 June 2012

Pameran Batik Cirebon di Museum Tekstil


Selasa, 11 November 2008 | 21:21 WIB
JAKARTA, SELASA--Untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya yang berhubungan dengan batik, Museum Tekstil menggelar pameran batik, dan busana batik asal Cirebon, Jawa Barat, Selasa (11/11).
Rupanya batik tulis asal Cirebon ini juga digemari oleh masyarakat di Jakarta, layaknya batik dari Solo, Yogyakarta, dan kota-kota batik lainnya. Menurut Kepala Museum Tekstil, Dyah Damayanti, pameran seperti ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh museum tekstil, yang bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan tekstil yang ada di Indonesia.
"Sebelumnya juga sudah ada pameran tekstil dari seluruh Indonesia. Nah, kebetulan sekarang giliran koleksi batik asal Jawa Barat, khususnya Cirebon," ujar Dyah, di sela acara pameran batik, di Jakarta.
Pameran menampilkan 100 kain batik yang didukung oleh empat pengrajin batik yang sudah dikenal oleh masyarakat, di antaranya, batik Komar, batik Danar Hadi, batik Tiga Puteri, dan batik Troso. "Keempat pengrajin batik tersebut memang memiliki kedekatan hubungan dengan museum tekstil, dan mereka juga sudah terbiasa memamerkan karyanya di sini," lanjut Dyah.
Selain dipamerkan, penyelenggara juga menyediakan kain batik Cirebon yang dijual. Para pedagang diberi tempat di belakang museum. "Bagi yang menghendaki, kami juga menjual batik di belakang museum dengan harga yang relatif terjangkau. Di samping itu, melihat animo pengunjung yang banyak, maka pameran akan diperpanjang sampai dengan 23 November," terang Dyah.
Kain batik para pengrajin asal Cirebon, Jawa Barat yang dijual dipatok, dari yang termurah seharga Rp150 ribu, sampai dengan yang paling mahal seharga Rp 900 ribu. (C11-08)

Sumber:  http://nasional.kompas.com/read/2008/11/11/21213734/pameran.batik.cirebon.di.museum.tekstil

No comments:

Post a Comment